name: oesoep tjhai
 +62 852 4523 1129

gallery contact me

 
Name :
Web URL :
Message :
 
Melangkah bersamaku,
jangan takut jika kehilanganku.
Aku akan selalu bersamamu.
orang-orang yang aku cintai & mencintaiku.
Walau kalian tidak pernah melihatku.
Galuhdiar
 
30|07|04 01|08|04 02|08|04
03|08|04 04|08|04 08|08|04
18|08|04 20|08|04 26|08|04
03|09|04 06|09|04 07|09|04
08|09|04 09|09|04 12|09|04
14|09|04 15|09|04 16|09|04
17|09|04 20|09|04 22|09|04
23|09|04 25|09|04 28|09|04
30|09|04 01|10|04 06|10|04
10|10|04 11|10|04 15|10|04
21|10|04 22|10|04 28|10|04
01|11|04 03|11|04 11|11|04
19|11|04 25|11|04 29|11|04
06|12|04 07|12|04 08|12|04
14|12|04 19|12|04 21|12|04
23|12|04 26|12|04 28|12|04
30|12|04               31|12|04
07|01|05 11|01|05 12|01|05
14|01|05 15|01|05 17|01|05
18|01|05 23|01|05 25|01|05
07|02|05 11|03|05 20|03|05
22|03|05 28|03|05 02|04|05
03|04|05 04|04|05 07|04|05
09|04|05 11|04|05 12|04|05
13|04|05 21|04|05 25|04|05
29|04|05 08|05|05 12|05|05
16|05|05 23|05|05 26|05|05
06|06|05 07|06|05 08|06|05
23|06|05 01|07|05 02|07|05
06|07|05 08|07|05 12|07|05
15|07|05 20|07|05 28|07|05
30|07|05 01|08|05 03|08|05
08|08|05 10|08|05 12|08|05
15|08|05 16|08|05 17|08|05
19|08|05 22|08|05 23|08|05
24|08|05 25|08|05 26|08|05
31|08|05 01|09|05 12|09|05
15|09|05 23|09|05 28|09|05
30|09|05 05|10|05 07|10|05
13|10|05 19|10|05 30|10|05
01|11|05 03|11|05 05|11|05
28|11|05 29|11|05 03|12|05
15|12|05 15|12|05 22|12|05
16|01|06 17|01|06 19|01|06
26|01|06 27|01|06 03|02|06
07|02|06 11|02|06 18|02|06
21|02|06 24|02|06 27|02|06
01|03|06 03|03|06 07|03|06
13|03|06 14|03|06 16|03|06
21|03|06 29|03|06 31|03|06
02|04|06 08|04|06 14|04|06
20|04|06 21|04|06 22|04|06
10|05|06 12|05|06 14|05|06
19|05|06 02|06|06 08|06|06
11|06|06 12|06|06 26|06|06
03|07|06 14|07|06 30|07|06
14|08|06 20|08|06 04|09|06
23|09|06 05|10|06 18|10|06
31|01|07
24|01|08 13|04|08 20|04|08
25|05|08 25|06|08 09|07|08
11|08|08 18|09|08 23|09|08
05|02|09
 
Ruangbaca
PondokRenungan
PhotoBucket
TinyPic
PrenSter
LiveConnector
SariKata
PolisiEYD
FamousQuotes
GreatQuotes
ShoutHuns
ClasMild
StarMild
Amild
AmildIBL
HouseOfSampoerna
SonyMusic
DiscTarra
LGgue
KartuLoeBanget
itsaBoyThing
HondaRacingGames
IM:port
k!ckAndy

GMail
YMail
HotMail
MSNWebMessenger

GaluhDiar
dukunnyentrik
pamanTYO
HelenaAndrian
RianiSovana
Kwintamas
Jabrik
Wicaksono
Qaris
[theGadget!]
pandaendut
TukangKoran
LoperKoran
Ellya
Ellyapoems
Lhukie
Nurv3
BungaRumputLiar
ArmaZone
Bucin
Spawn
Pipit
DieChan
Inez
Iw0k
Naxcie
siduahuruf
DysfungsionalFamily
IceCone
Haucuena.k.aMoi
iNa
Luigi
Loen!E
EndaNasution
AlenCantik
iNeX
g i $ t
RaRa
Ficano
Fannie
djteeara
LiLi
Adon
DayakUpDate
Nihon
anakPonti
Ochan
MpokB
Dinda
Ochie
dee04
dianaKang
eunikediana
nakedtraveler
olinxk
nonasedih
dewiindie
melibolot
syafrinasiregar
syafrina
diandecante
ChristyBronx
dahlia
sisca
tata
mbilung
pecasndahe
widyastuti
NunikUtamiAmbarsari
NabillaRizkaAulia
rovicky
JessicaNg
uci
MadhaYudis
Yoyoe
Nanang
Yaser
gia
nita
glorynie
Hernawan
Stefanus
Deepak
AbishekI
AbishekII
rovich
s e l i
e m i x
QonietaSyavira
eskopidantipi
elborneo
Busby SEO Test
 
merchandise f/ amild.com
paket f/ jakartamu.com
Helm f/ umild.com
Paket f/ Rotho
DVD 3 Hari Untuk Selamanya
Paket f/ Galuhdiar
Paket f/ iwok
Paket f/ dewiindie
TasCokelat f/ amild.com
tiket Pontianak-Denpasar pp
CD INCUBUS f/ amild.com
tiket Pontianak-Ketapang pp
KiamatSudahLewat f/K!ckAndy
FlashDisk f/ amild.com
Laskar Pelangi f/ K!ckAndy
tiket Jakarta-Belitung pp
Good Charlotte f/ amild.com
Tiara Lestari f/ K!ckAndy
Indigo Girl f/ K!ckAndy
tiket Jakarta-Pontianak pp
CD Rock United
paket IBL f/ dewiindie
paket Rock United f/ Paul
iPod nano from honda
paket OKS f/ iw0k cs.
paket f/ syafrina
merchandise f/ amild.com
tiket Radja Ratu
paket f/ iwok
merchandise f/ amild.com
tiket Slank
paket f/ mpok Lili
DVD GIE
VCD GIE
merchandise f/ amild.com
paket f/ syafrina
merchandise f/ amild.com
paket f/ iwok
paket f/ iwok
merchandise f/ amild.com
paket f/ dewiindie
merchandise f/ star-mild
tiket Radja
vcd Slank AMLS 05
CSD f/ VW
asbak f/ iw0k
paket RebornRepublic f/ iw0k
merchandise f/ amild.com
Nokia3230 f/ bubuawards
 
 
  Site Meter
Free Shoutbox Technology Pioneer
  Get Firefox - The Browser, Reloaded.
   BlogFam Community
   Blogfam Online Magazine
   A Mild Forum
blogdrive
:: Gelang Merah Untuk Anak Indonesia  ::
  Free Website Counter
tampilan dipermak oleh oesoep835
 
›› A Mild Live
Soundrenaline 2008
FREE YOUR VOICE
Pekanbaru | 13 Juli
Medan | 20 Juli
Batam | 27 Juli
Malang | 03 Agustus
Yogyakarta | 10 Agustus
 
 
  jadi bagian dari sejarah
 
 
  Majalah Satelit Terbesar di Dunia
 
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
 
 
Wednesday, July 20, 2005
WAJAH SURAM SI UNYIL

U:: foto: Fernandez Hutagalung (TEMPO) ::NYIL sudah lama tak terlihat dilayar televisi. Sudah pasti nama seperti Usro, Ucrit, Pak Raden, Pak Ogah, dan seterusnya tidak akrab dengan anak-anak sekarang. Mereka lebih akrab dengan Sinchan, Dora Emon, Mickey Mouse, Batman, Teletubbies, Dora, SpongeBob, dan lain-lain yang kini meghiasi layar kaca dan selalu dipelototi ribuan pasang mata anak-anak Indonesia.

Namun, nama Unyil tidak pernah pudar di hati pengelola Perum Produksi Film Negara (PPFN). Sebab, film boneka Si Unyil adalah salah satu karya monumental lembaga yang dulu bernama Pusat Produksi Film Negara itu. Sejak 2003, PPFN sudah menghentikan produksi Unyil. Masalahnya, kalah bersaing dengan film anak-anak lainnya. Soal lain, perusahaan itu tak cukup modal untuk membeli jam tayang.

Perusahaan itu redup. "Ibarat-nya PPFN ini sudah tenggelam. Hidup segan mati tak mau," kata Eddy Noor, Direktur Utama PPFN. Ia mengakui, lembaga itu sedang terengah-engah mempertahankan operasionalnya memproduksi film negara. Tak ada dana masuk, karena memang tidak ada film yang dibikin dan dijual.

Mereka memang masih menerima kucuran dana dari negara tapi itu untuk gaji 173 pegawai dan biaya listrik. Tagihan listrik pun, kata Eddy, langsung disetor oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi ke PLN. Adapun biaya untuk memproduksi film, mereka tak punya. Bahasa Eddy begini, "Jangankan memproduksi film, untuk merawat ratusan peralatan saja tak ada biaya."

Padahal dalam gedung megah dengan halaman cukup luas [sekitar 2,3 hektare] ini terdapat dua studio mixing, dua studio dubbing, 13 studio editing, proyektor 16 mm, proyektor 35 mm, seluloid BL 353, dan kamera digital D50 plus. "Ya, yang lama tak pernah dipakai tetapi harus tetap dirawat," ujarnya.

Dia mengatakan, PPFN tak pernah untung. Sejumlah masalah membelit lembaga ini. Selain kesulitan modal untuk biaya produksi, persaingan banjir film dari negara-negara asing, terutama untuk film kartun dari Jepang. Belum lagi masalah likuiditas keuangan dan tunggakan pajak ratusan juta rupiah. "Memang ada kaitannya dengan perubahan zaman dan komitmen pemerintah," tuturnya.

Di bawah kepemimpinan Eddy, perusahaan ini sempat mencoba bangkit. Mereka mencoba membikin kembali dan memasarkan film Si Unyil, juga film anak King King Sahabatku, ke beberapa televisi swasta pada 2003 dan 2003. Awalnya film ini, menurut Eddy, cukup laku, tapi kemudian mengendur. Masalahnya, mereka kalah modal untuk membeli jam tayang di televisi swasta.

Sejak 2004, mereka mencoba memproduksi Unyil versi manusia. Alasannya masak Unyil kecil terus. "Masak Unyil dari dulu SD terus. Pakai kopiah. Sementara anak-anak sekarang tidak kenal kopiah dan sarung," kata Eddy. Tapi hingga kini belum jadi. Belum jelas kapan film itu akan selesai dan diputar di televisi.

Beberapa film dokumenter pesanan juga sempat mereka garap dengan nilai Rp. 50 juta dari beberapa instansi, seperti Depnakertrans, Jasa Tirta, dan departemen Pertanian. Mereka juga menggarap dokumenter untuk peristiwa pemilihan langsung legislatif dan presiden. Sayangnya, ini pun belum mendongkrak keberadaan mereka.

Di luar itu, tak ada produksi. Upaya lain untuk mengepulkan asap dapur perusahaan adalah dengan menyewakan fasilitas yang mereka miliki, seperti studio, bahkan menyewakan sebagian gedung untuk sebuah sekolah tinggi. Belakangan, sebagian awak perusahaan ini juga terlibat pembuatan film company profile milik departemen atau BUMN.

Sebetulnya bukan tak ada upaya untuk tetap bertahan dan berproduksi. Sebut saja, mereka pernah mengajukan proposal pinjaman bank untuk modal kerja. Tapi proposal itu ditolak. Lengkap sudah kesuraman mereka.



ProduksiPPFN

Seluruh dokumentasi kegiatan kenegaraan antara lain:
__ Dokumentasi KAA tahun 1955
__ Dokumentasi G-30-S/PKI
__ Dokumentasi Pemilu 1971-2004

Film
__ Janur Kuning
__ Serangan Fajar
__ Pengkhianatan G-30-S/PKI
__ Si Unyil
__ King King Sahabatku
__ A.C.I (Aku Cinta Indonesia)
__ Si Huma (film kartun), dan lain-lain

  • Dian Yusliastuti | Mus
sumber
Koran Tempo | 200705



Posted at 9:40:52 pm by oesoep835

agus
April 2, 2009   12:54 PM PDT
 
Pak kalau mau cari film unyil yang th.80 kemana ya....soalnya anaknya seneng dengan boneka si unyil,kalau ada informasi kabari ya
agsjul@yahoo.com
shugex
December 23, 2007   10:39 PM PST
 
bos gue bisa minta alamat download film e janur kuning ga? ato klo punya kirim via email dong poetra_gading@yahoo.com
vi3
July 29, 2005   08:24 PM PDT
 
unyil kucing!!!!
Lili
July 27, 2005   02:44 AM PDT
 
Lah kok postingan rambutnya diganti Unyil.

Sama tuh sama Mpokb, Ummi jg dulu fansnya Unyil.
Kayaknya pernah tayang ulang deh, tapi gak laku sama anak2 jaman sekarang.

TTg Gie, Ummi belum sempat nonton
mpokb
July 25, 2005   05:50 PM PDT
 
dulu aye termasuk yg selalu nunggu2 unyil kalo minggu pagi, hehehe..
-cHie-
July 23, 2005   10:32 AM PDT
 
wow..fans berat A Mild. tapi gw lg antipati sama Sampoerna ahh.. hehe, siap2 aja buat Sampoerna Foundation yg (mungkin) akan kena kasus :p
Lili
July 22, 2005   06:01 PM PDT
 
rambutmu udah rockers abis, juga kamarnya.
benar2 fans setiap A Mild.
katanya sampurna mau di beli sama Phillips Moriss yah, atau udah di beli??

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




 
PERINGATAN PENULIS :
MALAS MEMBACA DAPAT MENYEBABKAN RENDAH DIRI, TIDAK TRENDI, KEBODOHAN AKUT DAN KANKER BUDAYA.
Previous Entry Home Next Entry